Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Whatsapp Di SMP Negeri 2 Toili Barat

Authors

  • Asnarita Nento Universitas Tompotika Luwuk, Banggai

Keywords:

Motivasi, Pembelajaran, whatsapp

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses adanya interaksi antara guru dengan siswa  yang terjalin secara intens dan terarah guna mencapai tujuan yang telah disusun, namun banyak siswa yang mengeluh dengan adanya belajar menggunakan aplikasi whatsapp selama masa pandemi di SMP Negeri 2 Toili Barat, Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan aplikasi whatsApp dan mengetahui apa yang menjadi kendala belajar siswa di SMP Negeri 2 Toili Barat. Teknik analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran di SMP Negeri 2 Toili Barat sudah berjalan namun pembelajaran masih kurang efektif sehingga motivasi belajar dalam system pembelajaran daring selama pandemic belum dirasakan oleh para siswa karena apa yang diakukan oleh Guru kelas dengan variasi pemberian materi pelajaran terhadap siswa namun kurang penjelasan dari setiap mater idan tugas yang diberikan, sedangkan guru BK hanyamemberika kata semangat di WAG dantidak ada upaya lain yang dilakukan dalam memberikan motivasi misalnya pemberian motivasi melalui layanan kelompok. (2) Kendala yang dialami dalam motivasi belajar siswa pada pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp yang pertama adalah: jaringan yang tidak stabil, yang kedua pembelajaran daring adalah system yang baru dalam pembelajaran yang mau tidak mau harus dilaksanakan dan mengikuti system tersebut, yang ketiga adalah anak tidak paham pembelajan sistem daring.

Published

2022-06-28

How to Cite

Nento, A. (2022). Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Whatsapp Di SMP Negeri 2 Toili Barat. Journal of Tompotika: Social, Economics, and Education Science, 3(05), 7-22. Retrieved from https://jtsees.untika.ac.id/index.php/jtsees/article/view/48